1.
Konsep E-Commerce
Secara
sederhana E-Commerce (EC) adalah pembelian dan penjualan barang atau jasa
melalui internet dan jaringan computer lainnya atau disebut juga dengan sistem
elektronik.
Secara umum E-Commerce dapat
didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang
atau jasa (trade of goods and service) dengan menggunakan media elektronik
seperti internet.
Dari definisi
e-commerce diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa E-Commerce adalah
merupakan kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut konsumen (consumers),
manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang perantara
(intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan computer (computer
networks) yaitu internet.
E-Commerce
digunakan sebagai transaksi bisnis antara perusahaan yang satu dengan
perusahaan yang lain, antara perusahaan dengan pelanggan (customer), atau
antara perusahaan dengan institusi yang bergerak dalam pelayanan-pelayanan
public dalam rangka memangkas biaya operasional untuk meningkatkan mutu layanan
maupun kecepatan penyampaian informasi
e-commerce
dikembangkan dalam skala yang lebih luas dan terintegrasi dengan multiple
computing system; semua lini dan departemen di perusahaan anda, organisasi dan
system computer global. Karena sifatnya integrasi langsung dengan dua atau
lebih entity, maka pengembangan e-commerce harus benar-benar memperhatikan segi
keamanan. Terutama keamanan dalam bertransaksi.
Ada 4 macam model-model
pokok yang berkembang dalam E-Commerce, yaitu :
·
Business-to-Business (B2B)
Business-to-Business
merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada
perusahaan-perusahaan lain. Model Business-to-Business ini menawarkan penjualan
atau pembelian dalam bentuk maya tetapi oleh satu perusahaan pada perusahaan
lain saja. Model B2B ini tidak terbuka untuk banyak perusahaan agar dapat ikut.
·
Business_to_Consumer (B2C)
Business-to-Consumer
merupakan model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau
public. Contoh dari Business-to-Consumer yaitu www.amazon.com. Dimana
perusahaan ini menjual buku yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta
judul buku.
·
Consumer-to-Consumer (C2C)
Consumer-to-Consumer
adalah merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada
perorangan juga. Contoh dari Consumer-to-Consumer yaitu www.ebay.com. Dimana
merupakan suatu perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet.
Melalui perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan
lain melalui internet.
·
Consumer-to-Business (C2B)
Consumer-to-Business
merupakan model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan. Contoh
dari Consumer-to-Business yaitu www.priceline.com. Dimana dalam model ini
konsumen menawarkan harga tertentu. Dimana ia menginginkan membeli berbagai
barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.
Perkembangan E-Commerce
Di Indonesia,
sistem E-commerce ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang
masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai
apa itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai saat ini, web resmi yang
telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah RisTI Shop. Risti, yaitu
Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan layanan
e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan
non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara
online.
Perkembangan
e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya
Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi
online. Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat
D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual
bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran
sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/,
tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap
seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang
belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia – yang beralamat di
http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di
Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual
beli di internet. Commerce Net .
Indonesia
sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce,
untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia.
Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net
Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber
Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.
Kehadiran
e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak
pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer).
Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat
biaya dan waktu.
Perkembangan e-Commerce di Indonesia pada tahun-tahun mendatang.
E-commerce
sebetulnya dapat menjadi suatu bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini
tak lepas dari potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak
fisik yang jauh sehingga e-commerce dapat dimanfaatkan dengan maksimal.
Sayangnya, daya beli masyarakat yang masih rendah dan infrastruktur
telekomunikasi yang tidak merata di daerah-daerah lainnya membuat e-commerce
tidak begitu populer. Hal ini tak lepas dari jumlah pengguna internet di
Indonesia yang hanya sekitar 8 juta orang dari 215 juta penduduk. Selain itu,
e-commerce juga belum banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di
Indonesia.
Meskipun relatif
banyak perusahaan yang sudah memasang homepage, hanya sedikit yang
memfungsikannya sebagai sarana perniagaan/perdagangan online. Sebagian besar
homepage itu lebih difungsikan sebagai media informasi dan pengenalan produk.
secara umum ada tiga tahapan menuju e-commerce, yakni: presence (kehadiran),
interaktivitas dan transaksi. Saat ini, kebanyakan homepage yang dimiliki
perusahaan Indonesia hanya mencapai tahap presence, belum pada tahap transaksi.
Pada akhirnya, perkembangan teknologi dan peningkatan pengguna internet di
Indonesia akan membuat e-commerce menjadi suatu bisnis yang menjanjikan
Terimakasih min informasinya semoga bermanfaat untuk tugas kuliah saya
BalasHapusHy saya Sastra heriawan mhs https://www.atmaluhur.ac.id
Terimakasih kak
Terimakasih artikelnya semoga bermanfaat,,
BalasHapusSaya Mardianto dari atmaluhur, kunjungi website kami https://www.atmaluhur.ac.id
Terimakasih atas informasinya sangat bermanfaat saya Dovana Aditia
BalasHapusKunjungi website https://www.atmaluhur.ac.id
terimakasih gan informasinya semoga bermanfaat untuk banyak orang
BalasHapuskenalkan saya ARIFIN (1722500032) dari atmaluhur jika berkenan kunjungi website kampus kami di https://www.atmaluhur.ac.id
terima kasih atas artikelnya, sangat bergunan dan membantu menambah wawasan
BalasHapusnama saya Rian Apriando
1722500020
kunjungi website kampus kami https://wwww.atmaluhur.ac.id