Jam

Sabtu, 26 Oktober 2013

pencegaha infeksi menggunakan PDCA

Pencegahan Infeksi yang masih kurang diperhatikan ditempat pelayanan kesehatan saat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ini sangat memberikan dampak negatif, dapat meningkatkan risiko penularan infeksi terhadap pasien lain atau keluarga, petugas kesehatan, karyawan, dan lingkungan kesehatan. Apabila prinsip pencegahan infeksi tidak dilakukan secara optimal maka risiko terjadinya penularan penyakit semakin tinggi, baik pada klien maupun pada tenaga kesehatan.
Perencanaan ( Plan )
Rencana kerja penyelesaian masalah pencegahan infeksi :
1. Judul rencana kerja (topic)
Meningkatkan pencegahan infeksi di tempat pelayanan kesehatan.
2. Pernyataan tentang macam dan besarnya masalah yang dihadapi (problem statement),
  • Di seluruh dunia, 10%  pasien rawat inap di rumah sakit mengalami infeksi yang baru selama dirawat, 1,4 juta infeksi setiap tahun.
  • Bila tindakan pencegahan infeksi tersebut tidak dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dikhawatirkan dapat menambah angka kesakitan dan kematian pada pasien
  • Resiko infeksi tidak dapat dihilangkan secara total tetapi dapat dikurangi sekecil mungkin dengan menerapkan pencegahan infeksi yang benar  untuk menurunkan resiko penularan penyakit antar klien atau tenaga kesehatan sendiri.
3.  Rumusan tujuan umum dan tujuan khusus, lengkap dengan target yang ingin dicapai (goal, objective, and target)
Tujuan umum :
Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang bermutu di tempat pelayanan kesehatan.
Tujuan Khusus :
  • Untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit yang ditularkan melalui darah di lingkungan rumah sakit atau sarana kesehatan lainnya.
  • Untuk meminimalkan kejadian infeksi nosokomial pada klien dan tenaga kesehatan.
Target :
Dapat mengurangi terjadinya infeksi pada pasien, keluarga pasien, tenaga kesehatan, karyawan, dan lingkungan kesehatan.
4.Kegiatan yang akan dilakukan (activities)
  • Menerapkan prinsip universal precaution berupa penggunaan alat pelindung diri (sarung tangan, apron, masker, kaca mata) serta penanganan alat dan sampah sesuai dengan prosedur.
  • Melindungi klien terhadap kemungkinan  terkenanya percikan, berhati-hati saat menangani benda tajam dan melakukan dekontaminasi serta memproses peralatan yang terkontaminasi secara benar
5. Biaya yang diperlukan (budget)
Biayanya + Rp. 10.000.000,00 untuk sarana serta alat dan bahan yang diperlukan pada tempat pelayanan kesehatan seperti :
  • Tempat cuci tangan.
  • perlengkapan pelindung (sarung tangan, celemek/baju penutup, kacamata, sepatu tertutup).
  • Pada pemrosesan alat bekas pakai menggunakan alat yaitu oven, otoklaf, dan sebagainya.
  • Tempat pembuangan sampah.
6.  Tolak ukur keberhasilan yang dipergunakan (milestone)
Proses perbaikan dari pelayanan kesehatan yang menyeluruh terhadap pencegahan infeksi.
Pelaksanaan ( Do )
Pada tahap ini melakukan rencana yang telah disusun berdasarkan penyelesaian masalah pencegahan infeksi :
  1. Memberikan pendidikan dan penyuluhan tentang pentingnya pencegahan infeksi dipelayanan kesehatan kepada pasien, keluarga pasien, tenaga kesehatan, karyawan, dan lingkungan kesehatan.
  2. Melaksanakan pencegahan dari berbagai penyakit yang ditularkan melalui darah di lingkungan rumah sakit atau sarana kesehatan lainnya.
  3. Saat memberikan pelayan kesehatan menggunakan alat pelindung diri (sarung tangan, apron, masker, kaca mata) serta penanganan alat dan sampah sesuai dengan prosedur.
  4. Perlindungan terhadap klien jika kemungkinannya  terkena percikan, berhati-hati saat menangani benda tajam dan melakukan dekontaminasi serta memproses peralatan yang terkontaminasi secara benar.
  5. Melakukan komunikasi terhadap masyarakat yang berada di pelayanan kesehatan agar menimbulkan pengertian staf terhadap cara penyelesaian masalah yang dilaksanakan.
  6. Melakukan keterampilan motivasi terhadap masyarakat yang berada di pelayanan kesehatan untuk mendorong staf bersedia menyelesaikan cara penyelesaian masalah yang telah direncanakan.
  7. Adanya keterampilan kepemimpinan terhadap masyarakat yang berada di pelayanan kesehatan untuk mengkoordinasi kegiatan cara penyelesaian masalah mutu yang dilaksanakan.
  8. Melakukan pengarahan terhadap semua masyarakat yang ada di pelayanan kesehatan untuk mengarahkan kegiatan yang dilaksanakan.
  9. Melengkapi sarana dan prasarana di tempat pelayanan kesehatan.
  10. Melakukan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisiensi.
Pemeriksaan ( Check )
 Pada tahap ini secara berkala memeriksa kemajuan dan hasil yang dicapai dan pelaksanaan rencana yang telah ditetapkan. Pemeriksaan dilakukan 1 bulan setelah perencanaan, pada tanggal 10 Januari 2013 – 10 Februari 2013. Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, semua berjalan dengan perencanaan yang telah ditetapkan.
Faktor pendukung terlaksananya perencanaan adalah :
  • Dari segi manusianya ( pasien, keluarga pasien, tenaga kesehatan, dan karyawan ), biaya, serta fasilitas untuk memenuhi terlaksananya pencegahan infeksi ini terpenuhi dan saling mendukung.
  • Adanya kebijakan yang dibuat oleh pihak pelayanan kesehatan
  • Semua tindakan yang dilakukan oleh pihak pelayanan kesehatan didukung oleh masyarakat yang ada di pelayanan kesehatan ( pasien, keluarga pasien, tenaga kesehatan, dan karyawan )
  • Pencegahan infeksi sudah lebih diperhatikan dan meningkat di pelayanan kesehatan.
  • Pelayanan yang direncanakan berjalan efektif dan efisien.
Tindak Lanjut ( Action )
  • Dari pemeriksaan di atas, ada beberapa faktor-faktor pendukung yang dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada masalah pencegahan infeksi di tempat pelayanan kesehatan ini, namun harus selalu ada perbaikan  yang dilakukan agar dapat menjaga mutu ditempat pelayanan tersebut. Hal ini berarti memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dibutuhkan tersedianya tenaga yang terampil dan didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai.
  • Pemberi layanan kesehatan seharusnya terus berupaya memberikan  pelayanan kesehatan pada masalah pencegahan infeksi ini dengan efektif, efisien serta merata dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar